APASIH MODEL DEGENG ITU?

Mulyana/20171552007 Mengapa begitu banyak metode yang dilakukan oleh guru untuk mencerdaskan anak bangsa? mengapa begitu banyak guru yang rela memberikan ilmunya untuk mencerdaskan anak bangsa? Siapakah Dsainer paling terbaik? semua pertanyaan tersebut bisa kita jawab lewat pribadi kita masing-masing sebagai anak bangsa pasti tidak ingin menjadi sampah untuk bangsanya. jadi masihkah kita menyia-nyiakan waktu seperti sampah?

Mengapa model degeng diperlukan dalam pembelajaran? Nah disini kita harus mengetahui dulu apasih model pembelajaran itu? sebelum kita menuju sebuah metode degeng dalam pembelajaran.

Model pembelajaran dapat diartikan dengan istilah sebagai gaya atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Strategi lebih menunjukkan pada sebuah perencanaan atau yang biasa dikenal dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tentu dengan maksud untuk mencapai sesuatu. sedangkan metode adalah suatu cara tersendiri yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Dengan kata lain, strategi adalah a plan of operation achieving something, sedangkan metode adalah a way in echieving something.

Sumber: http://hulanwijayanti.blogspot.com/2017/02/model-pembelajaran.html

Nah tanpa adanya model pembelajaran maka kita sebagai guru atau pendakwah tidak bisa melaksanan kegiatan mengajar atau berdakwah dengan optimal. Apalagi kita sebagai calon da’i atau dai’ah sangat diperlukan model pembelajaran agar strateri untuk memikat jamaah kena pada sasarannya.

menurut Joyce dan Weil mereka mengatakan model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, mendidik dan membimbing siswa terhadap pembelajaran di kelas.

Sedangkan menurut pengetahuan saya didalam al-qur’an telah dijelaskan teori yang pertama dalam pembelajaran adalah ikroq, yang terdapat didalam surah Al-alaq yang mana Allah menyuruh kita untuk selalu membaca, mau itu membaca ayat” kauniyah maupun Qauliyah yang terdapat banyak ilmu dari fenomena kehidupan kita setiap hari. Dan sistem model pembelajaran ini sudah terjadi sejak 14 abad yang lalu hingga sekarang. Telah banyak ilmuan mengatakan bahwa ketika seseorang banyak membaca maka dia akan pandai berargumen, berfikirluas, dan menjadi good loooking.

PEMBELAJARAN Model Degeng (1990 dan 1997) adalah memberi keluwesan dan keleluasaan bagi desainer dan pengembangan untuk mengembangkan gagasan, dan menuangkannya dalam karya nyata pada produk pengembanga. (sumber: www.kompasiana.com)

Langkah-langkah pengembangan Model Degeng terdiri
atas:

  1. Analisis Tujuan dan Karakteristik isi Bidang Studi, terdiri dari analisi sumber belajar yang membahas tentang penempatan strategi penyampaian.
  2. penempatan tujuan belajar dan isi pembelajaran, terdiri dari penempatan strategi pengorganisasian.
  3. dan analisis karateristis isi belajar meliputi penempatan strategi pengelolaan.
  4. Setelah dilakukannya ketiga tahap ersebut maka dilakukan pengukuran hasil pembelajaran bisa dengan model evakuasi atau sebagainya.

Seperti Apa pembelajaran model degeng?

Nah, Model Degeng termasuk model pengembangan pembelajaran Seperti:

  1. Classroom focus yaitu: pembelajaran yang didalamnya melibatkan; pengajar, pembelajar,  kurikulum, dan fasilitas.
  2. Untuk pengembangan paket pembelajaran digunakan secara klasikal dan individual;
  3. Untuk pengembangan pembelajaran pada kappabilitas belajar fakta, konsep, prosedur
          dan prinsip
  4. Dalam pengorganisasian isi pembelajaran menggunakan teori Elaborasi baik pada   strategitingkat mikro maupun macro;
  5. Bersifat prespektif, yaitu pembelajaran yang berorientasi pada tujuan dan pemecahan belajar.
  6. Memiliki langkah-langkah yang lengkap dan mampu memberikan arahan detail sampai      pada tingkat produk yang jelas. Sumber: http://hulanwijayanti.blogspot.com/2017/02/model-pembelajaran.html

Didalam Journal Bapak Ambiro Puji  Asmaroini Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo beliau menggunakan model pembelajaran degeng. Judul journal beliau adalah: ““PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL DEGENG UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 SAWOO KABUPATEN PONOROGO” sangatmembantu untuk melihat kualitas analisis pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Nah model degeng adalah salah satu cara untuk kita bisa melakukan proses belajar mengajar dengan baik. Dengan cara menganalisa maka strategi dalam pembelajaran bisa diuraikan agar kelas tidak pasif. Agar bisa menganalisa untuk mengembangkan suatu hoby atau kemampuan bisa digunakan cara metode pembelajaran degeng.

Perlu kita ketehui dsainer yang paling berkuasa dan tanpa bantuan atau menggunakan model pembelajaran adalah Tuhan kita yaitu Allah. Dimana kita lihat ke atas langit begitu indah dengan keragaman terkadang dia puti, biru dan lain sebagainya. Kita lihat lautan bermacam luasnya, lebarnya, dan kedalamannya bahkan warnanya sudah di dsauner sama Allah. Kita lihat gunung, ada yang aktif, reakti, dan ada yang mati dan tempatnya sudah diatur oleh Allah. Maka tidak ada dsainer yang lebih Bagus dari Allah, maka dari itu perbanyak bersyukur daan memuji Allah. Mengapa? karena itulah cara kita berterimakasih.

 514 Kunjungan,  1 Kunjungan hari ini

Like & Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*